Hidup itu Anugerah

Waspadalah Radiasi Ponsel Anda

10/10/2009 09:51

 

Jakarta- Saat ini Senat Amerika Serikat sedang menyelidiki hubungan antara radiasi ponsel dan kanker otak. Penelitian dari Senat Amerika ini dipicu laporan dari Environmental Working Group, Washington, DC yang berbasis nirlaba. Evaluasi dilakukan pada ponsel kelas atas dan smartphone, dengan mengukur tingkat daya (watt) dengan berat per kilogramnya.

Penelitian itu menyebutkan Blackberry storm memiliki tingkat radiasi terendah diantara smartphone lainnya, yaitu 0,57 W/kg. Disusul IPhone dengan tingkat radiasi 0,97 W / kg. Sedangkan radiasi tertinggi dicapai oleh BlackBerry Bold dan Curve, masing-masing di 1,51 W / kg dan 1,54 W / kg.

EWG bukanlah satu-satunya kelompok yang prihatin tentang hubungan antara kanker dan penggunaan ponsel, peneliti kanker Devra Davis juga bersaksi dalam sidang senat tersebut. "Kami belum memiliki cukup bukti ilmiah, namun kamo mengeluarkan peringatan bagi semua pengguna di negara  Finlandia, Swedia, Denmark, Norwegia, Islandia, Israel, India, dan beberapa kota di Austria dan Brasil," katanya.

"Setiap pernyataan bahwa setiap ponsel aman adalah sangat  menyesatkan. Kami secara khusus prihatin orang-orang muda kita dan harus melindungi otak anak-anak yang masih berkembang."jelas Davis

Sejumlah studi diluar negeri, pada kenyataannya menunjukkan hubungan antara kanker dan penggunaan ponsel. Sebuah studi bersama oleh para peneliti di Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia dan Inggris Raya, misalnya, menemukan bahwa orang-orang yang telah menggunakan ponsel lebih dari 10 tahun memiliki risiko meningkat secara signifikan. Mulai dari Glioma (yang sering disebut tumor otak ganas) sampai dengan vertigo atau migran.

Dalam studi di Denmark yang melibatkan 420.095 orang dewasa, ditemukan dalam jangka panjang pengguna 10%-20% ponsel berpotensi dirawat di rumah sakit karena migrain dan vertigo daripada orang yang baru saja menggunakan ponsel.

Bahkan EWG sangat terkejut terhadap penelitian Nneka Leiba bahwa sejumlah telepon sangat mendekati nilai radiasi 1,6 W / kg - standar yang ditetapkan oleh FCC pada tahun 1993. Seperti misalnya T-Mobile myTouch 3G mencapai tingkat radiasi di 1,55 W / kg. "Kami melihat beberapa ponsel delapan kali lebih banyak memancarkan radiasi dari telepon lainnya," kata Leiba.

Tayangan Samsung (SGH-a877) yang ditawarkan oleh AT & T adalah warna yang paling aman di pasar, sementara yang terburuk adalah Motorola MOTO VU204 ditawarkan oleh Verizon Wireless. EWG tidak mengharapkan konsumen untuk meninggalkan ponsel mereka.Organisasi ini berharap agar Kongres lebih banyak melakukan pengawasan dan standarisasi, selain itu juga dilakukan publikasi penggunaan ponsel yang aman. .

EWG juga ingin belajar lebih fokus pada dampak dari penggunaan ponsel pada anak-anak dan remaja. Tulang kelapa anak-anak yang lebih lembut dan lebih tipis dan dengan demikian lebih rentan terhadap radiasi, demikian Leiba mencatat. Saran lain adalah mendorong orangtua untuk hanya mengirim teks dibandingkan suara dan menghindari penggunaan ponsel pada sinyal rendah. (ap)

 

Back

Search site

© 2009 All rights reserved.